Selasa, 18 September 2012

Instalasi Wireshark

Wireshark


Wireshark merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk menganalisa kinerja jaringan.  Interfacenya menggunakan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan grafis.  Wireshark mampu menangkap paket-paket data/informasi yang bersliweran dalam jaringan yang kita "intip".  Semua jenis paket dapat ditangkap dan di analisa.  Sehingga tak jarang tool ini digunakan untuk sniffing (memperoleh password penting seperti password email atau account lain) dengan menangkap paket-paket penting yang bersliweran di dalam jaringan dan menganalisanya.

Sebelum mengenal lebih jauh  aplikasi dan fitur-fitur yang ada pada wireshark, kita install dulu aplikasi wireshark dan pada postingan selanjutnya akan dibahas tentang fitur-fitur yang ada pada wireshark.

Berikut cara menginstall Wireshark

1. Saat pertama Anda akan menginstal Wireshark maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini , klik Next.


2. Pada jendela License Agreement ----> Klik I Agree .


3. Pada jendela Choose Component pilih komponen yang akan di instal dengan cara memberi centang pada kolom text bok, setelah itu klik Next.


4. Pada jendela Select Additional Task pilih program Wireshark akan ditampilkan di Start Menu Item, Desktop Icon, atau Quick Launch Icon  ----> Next.

5. Pada jendela Choose Install Location pilih lokasi untuk menginstal yang dikehendaki, dengan cara klik Browse ----> pilih lokasi ----> Next.

6. Setelah itu proses instalasi berlangsung.


7. Setelah semua proses instalasi berlangsung ----> klik Next.


8. Pada saat proses menginstal Wireshark maka akan muncul jendela seperti pada gambar dibawah ini.  Install WinPcap yang berguna untuk menangkap data jaringan hidup ----> klik Install.




9. Setelah itu muncul jendela dialog seperti pada gambar di bawah ini ----->klik Next



9. Setelah itu akan muncul jendela dialog seperti pada gambar dibawah ini ----> klik Next.



9. Pada jendela License Agreement pilih -----> I Agree 



10.  Setelah itu klik Install.

11. Proses Instalasi sedang berjalan


12. Proses Instalasi WinPcap selesai ---->Finish


13. Semua proses Instalasi Wireshark telah terinstal ---->Next


14. Proses Instalasi Selesai ---- > Finish


Pada saat proses instalasi Wireshark maka akan muncul jendela dialog untuk menginstal WinPcap.  WinPcap berguna untuk menangkap data jaringan hidup.   


arum_miru@yahoo.com
@arumastriani








Tidak ada komentar:

Posting Komentar